Jenis Ikan Channa yang Banyak Diburu dan Memiliki Harga Fantastis
Channa Barca (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)

Bagikan:

 

Tren ikan hias kembali marak di Indonesia. Jenis ikan yang sedang berkembang di pasaran kali ini adalah Canna atau snakehead. Di Indonesia, ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan gabus.

Channa merupakan jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini merupakan binatang asli dari Benua Asia dan Afrika . Sebelum digandrungi sebagai ikan hias, channa dulunya hanya diburu sebagai santapan atau bahkan dibasmi.

Kini, ikan predator ini sedang menjadi primadona masyarakat. Yang mengejutkan, harganya satu ekor Channa setara dengan harga sepeda motor, mencapai 20 jutaan. Harga iakn ini bervariasi, tergantung dari jenisnya.

Ikan channna banyak dicari karena warnanya yang eksotik. Setiap jenis ikan channa memiliki warna khas masing-masing. Semakin menarik warnanya, maka harganya semakin mahal. Salah satu jenis channa yang cukup populer adalah Channa Maru, atau Channa Maruliodoes.

Berikut jenis-jenis ikan Channa yang perlu anda tahu:

Channa Melasoma

Channa Melasoma (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)
Channa Melasoma (Instagram; @lunaticsnakeheadfish) 

Channa jenis ini disebut juga dengan Black Snakehead. Channa Melasoma bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara (ASEAN), seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonseia. Di Indonesai habitat ikan ini berada di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bangka, dan Belitung.

Channa Melasoma termasuk ikan yang kuat. Selain hidup di perairan jernih, ikan ini juga mampu bertahan di perairan keruh, seperti rawa gambut.

Channa melasoma memiliki warna albino. Seluruh tubuhnya berwarna solid kuning kecokelatan. Motif list berwarna putih menghiasi ujung siripnya.

Channa ini memiliki penampilan yang soft, unik, sekaligus elegan. Harga channa melasoma kisaran Rp150.000 – Rp3.000.000.

Channa Maruliodes

Channa Maruliodes (Instagram; @nakeheadsstories)
Channa Maruliodes (Instagram; @snakeheadsstories)

Channa satu ini merupakan primadona andalan Pulau Kalimantan. Channa Maru menjadi jenis channa yang elit atau mahal.

Channa ini tinggal di sungai besar dan danau pedalaman di Kalimantan. Selain di Indonesia. Channa meru juga bisa ditemukan di Thailand Selatan dan Malaysia.

Warna channa meru sangat cantik sekaligus garang. Tubuhnya memiliki warna dasar putih kekuningan. Ada pola garis vertikal berwarna hitam di bagian kepala hingga ekornya. Siripnya yang berwarna biru terang kombinasi hitam membuat ikan ini semakin elegan.

Channa maru cocok bagi anda yang ingin membeli ikan menawan dengan budget tipis. Harga ikan channa ini mulai dari Rp200.000 – jutaan.

Channa Argus

Channa Argus (Youtube; ACQUIRED TASTE Livestock & Plants Co)
Channa Argus (Youtube; ACQUIRED TASTE Livestock & Plants Co)

Channa yang memiliki nama lain Northern Snakehead ini tergolong sebagai jenis channa yang cukup populer. Channa Argus berasal dari perairan Sungai Kuning dan Sungai Yangtze di China Timur, drainase di sebelah tenggara Rusia dan China Timur, dan sungai-sungai di pesisir Korea.

Channa Argus dapat hidup di berbagai macam jenis habitat. Channa jenis ini cenderung menjauhi tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cepat.

Ikan ini memiliki warna motif seperti ular piton. Channa unik ini harganya cukup fantastis, yaitu mulai dari Rp1.500.000.

Channa Barca

Channa Barca (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)
CaptiChanna Barca (Instagram; @lunaticsnakeheadfish)on

Channa satu ini merupakan jenis channa termahal. Channa Barca memiliki harga selangit karena keberadaannya sangat langka. Satu ekor channa barca bahkan bisa ditukar dengan satu unit sepeda motor Nmax atau Vespa. Harga channa ini kisaran Rp25.000.000 – Rp 50.000.000.

Channa Barca disebut-sebut berasal dari perairan India, sekitar Assam dan Nagaland. Kemunculan channa ini sulit sekali ditemukan. Habitatnya sangat terbatas dan tidak pernah ditemukan dalam jumlah yang banyak.

Channa Barca memiliki warna yang eksotis. Tubuhnya berwarna abu-abu terang dan bermotif bintik-bintik warna hitam. Punggung, ekor, dan siripnya yang lebar membuat channa terlihat gahar.

Itu tadi beberapa jenis ikan channa yang terkenal di Indonesia. Jenis-jenis di atas ramai diperbincangkan oleh pehobi ikan karena harganya dan kecantikannya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luiar negeri di VOI .