EHang  Luncurkan Taksi Terbang EH216-S di Taobao Seharga Rp 2,39 Miliar
Pesawat tanpa awak Ehang tengah uji coba terbang di Kosta Rika. (foto: @ehang)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan drone China, EHang, mulai menjual taksi terbang model EH216-S di Taobao seharga 2,39 juta yuan (Rp5,2 miliar) pada Senin, 18 Maret. EHang mendapatkan sertifikasi izin keselamatan dari otoritas penerbangan China pada bulan Oktober.

EHang Holidings adalah perusahaan teknologi asal China yang bergerak di bidang pengembangan dan manufaktur drone dan taksi terbang. Didirikan pada tahun 2014, EHang telah menjadi pemimpin dalam industri drone penumpang otonom (AAV).

Penerbangan demonstrasi eVTOL (electric Vertical Take-Off and Landing)  baru-baru ini dari EHang menandai keberhasilan debut EH216-S, pesawat tanpa pilot di Amerika Latin.  Penerbangan ini berlangsung di The Westin Reserva Conchal Resort, Kosta Rika, disaksikan langsung oleh para pejabat dan media nasional.

Demo tersebut bertujuan menunjukkan keunggulan Mobilitas Udara Tingkat Lanjut (AAM) terhadap pembangunan dan pertumbuhan berkelanjutan dan inovatif suatu negara. Selain itu, dipamerkan bagaimana moda transportasi baru ini dapat meningkatkan kualitas hidup warga dan pengalaman para pengunjung.

Penerbangan demonstrasi eVTOL EHang ini menggarisbawahi fleksibilitas EH216-S untuk berbagai aplikasi, seperti pariwisata, wisata udara, perjalanan komuter bandara ke kota dan resor, layanan pengiriman medis, dan operasi tanggap darurat.

"EHang sangat senang melihat EH216 tanpa pilot terbang untuk pertama kalinya di Amerika Latin. Kami yakin teknologi UAM (Urban Air Mobility) mutakhir EHang dapat membawa manfaat luar biasa bagi benua ini," kata Victoria JingXiang, COO EHang untuk Eropa dan Latam, dikutip dari akun X perusahaan itu.

Selama ini EHang memproduksi berbagai jenis drone, termasuk drone penumpang, drone kargo, dan drone untuk layanan publik seperti pemadam kebakaran dan inspeksi infrastruktur.

EHang menawarkan layanan taksi udara dengan menggunakan drone EH216, yang dapat membawa dua penumpang dan terbang hingga 35 kilometer dengan sekali pengisian daya.

Selain itu EHang juga mengembangkan solusi mobilitas cerdas untuk berbagai industri, termasuk logistik, pariwisata, dan perawatan kesehatan.

Produk EHang:

EH216: Taksi terbang otonom yang dapat membawa dua penumpang dan terbang hingga 35 kilometer dengan sekali pengisian daya.

EHang Ghost: Drone penumpang otonom dengan desain single-seater.

EHang Falcon: Drone kargo otonom yang dapat membawa muatan hingga 5 kilogram.

EHang Antares: Drone pemadam kebakaran otonom yang dapat membawa 150 liter air.

EHang telah mendapatkan banyak penghargaan dan pengakuan atas inovasinya dalam industri drone. Pada tahun 2019, EHang menjadi perusahaan pertama di dunia yang menerima sertifikasi izin keselamatan untuk taksi terbang otonom dari Civil Aviation Administration of China (CAAC).

Terkait