Mau Dapat Cuan dari Usaha Wewangian? Simak 5 Cara Memulai Bisnis Parfum
Ilustrasi bisnis parfum (Foto: Pixabay/Barni1)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bisnis parfum termasuk salah satu bisnis yang menjanjikan dan berpotensi mendatangkan cuan dalam jumlah besar. Alasannya, kebutuhan masyarakat terhadap wewangian akan selalu ada karena merupakan pelengkap dari penampilan sehari-hari. Nah, bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis parfum, penting untuk mengetahui cara memulai bisnis parfum agar produk yang ditawarkan lebih cepat terjual.

Cara Memulai Bisnis Parfum

Sebelum menjalankan bisnis parfum, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan, antara lain:

  1. Menentukan segmentasi pasar

Tujuan menentukan segmentasi pasar adalah untuk meminimalkan risiko dengan menentukan produk mana yang memiliki peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar sasaran.

Dengan menentukan segmentasi pasar, pelaku bisnis dapat mengetahui target konsumen mana yang tepat untuk usahanya. Sehingga sebuah usaha dapat memberikan hasil yang optimal dan memiliki efektivitas pemasaran yang tinggi.

Terkait hal ini, Anda dapat menganalisa tingkah laku calon konsumen ketika melakukan kegiatan dalam pasar. Beberapa variabel yang dilihat pengetahuan, sikap, reaksi, dan penggunaan produk oleh seorang konsumen.

  1. Riset jasa maklon

Saat ini, ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa maklon, sehingga Anda tidak memerlukan pabrik untuk membuat parfum Anda sendiri.

Adapun yang dimaksud jasa maklon adalah jenis jasa yang menyediakan produksi barang untuk pihak lain. Brand hasil produksi sepenuhnya menjadi hak penerima.

Harga yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa maklon juga cukup terjangkau karena pihak produsen membeli bahan pembuatan dalam skala besar.

Hanya saja, Anda perlu melakukan riset sebelum memilih dan melakukan kerja sama untuk membuka bisnis parfum Anda sendiri.  Megapa? Sebab tidak semua jasa maklon sudah memenuhi GMP (Good Manufacturing Practice). Itulah mengapa Anda perlu melakukan riset sebelum menggunakan jasa maklon untuk produk parfum Anda.

  1. Buat bisnis plan

Cara memulai bisnis parfum yang berikutnya adalah membuat perencanaan bisnis. Tujuannya agar Anda dapat fokus dengan tujuan dan menarik minat investor untuk menanamkan modalnya ke usaha yang Anda jalankan.

  1. Siapkan modal

Bagi Anda yang ingin memiliki brand parfum sendiri, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup. Akan tetapi, jika Anda berposisi sebagai reseller, Anda dapat memulainya tanpa modal.

Perlu Anda ketahui, bisnis parfum tidak memerlukan modal besar. Anda dapat melakukannya hanya dengan Rp1 juta saja.

Modal tersebut dapat Anda gunakan untuk membeli varian parfum di sebuah perusahaan jasa maklon. Pilihlah level bisnis share yang mana kamu membeli beberapa varian dan membaginya di botol kecil, lalu dijual. Langkah ini cocok bagi yang belum mempunyai banyak modal.

  1. Siapkan strategi pemasaran

Jika semua strategi di atas sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan strategi pemasaran.

Langkah ini tidak boleh diabaikan karena ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan.

Demikian informasi tentang cara memulai bisnis parfum. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.