Peluang Bisnis Ikan Hias yang Bisa Bikin Kamu Cepat Kaya
Peluang Bisnis Ikan Hias (Gambar Natthapat Aphichayananthanakul - Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal ikan hias tentunya hal itu bakal asyik kalau kita juga membahas soal peluang bisnis ikan hias. Menengok beberapa waktu lalu di era pandemi nampaknya bisnis ikan hias begitu menggeliat.

Tak sedikit orang-orang yang memperoleh cuan yang cukup fantastis. Sebut saja fenomena ikan cupang pada saat awal pandemi kemaren dari tahun 2020 sampai sekarang. 

Apakah bisnis yang seperti ikan cupang itu bisa berlaku pada ikan lainnya? Dan apakah masih belum terlambat kalau kita memulainya? Jawabannya ya bisa-bisa aja dan ga ada kata terlambat. Namun dengan catatan kalian harus serius. Nih ada beberapa refrensi untuk memulai bisnisnya.

Peluang Bisnis Ikan Hias

Ikan Channa

Belakangan ini ikan gabus alias channa jadi trend tersendiri dikalangan penghobi ikan hias. Tentu saja ikan ini memiliki value yang tinggi. Ditambah perawatan ikan ini tak begitu sulit jadinya anak-anak pun bisa memeliharanya.

Berdasarkan hasil wawancara tim VOI pada salah satu peternak ikan Channa di Banten, Fishtopia Farm, potensi ikan channa masih begitu luas apalagi untuk jenis-jenis uniknya.

“Channa itu ibarat kata seperti hobi burung, kalau beli bakalan ya murah tapi kalau sudah jadi ya harganya bisa berkali-kali lipatnya,” ujar Candra selaku owner Fishtopia, yang di wawancarai VOI pada, minggu, 14 Mei 2023.

Candra juga menambahkan kalau bisnis channa masih terbuka lebar mulai dari menjual  benih, beternak, dan bahkan pembesaran, itu ada pasarnya, mengingat saat ini Channa masih jadi ikan yang cukup familiar dikalangan masyarakat dan masih banyak kontesnya.

Ikan Cupang

Kalau ada daftar ikan cupang itu tandanya ikan cupang belum sepenuhnya rungkat alias ambruk. Pasarnya masih ada di kalangan penghobis. Pasalnya, ikan cupang masih jadi primadona karena ikan ini tak membutuhkan tempat yang luas dan juga perawatan yang ekstra.

Pasaran ikan cupang di kancah internasional masih begitu tinggi dan banyak peminatnya. Nah, bagaimana dengan pasaran nasional? Untuk pasar nasional sendiri ikan cupang emang tak semenggeliat dikala pandemic kemarin. Namun untuk pasarnya tentu saja masih terbuka luas. Karena sejatinya ikan cupang emang ikan yang cukup familiar di masyarakat. Ingat kan semasa kita kecil ikan ini sudah menghiasi pasar ikan di Indonesia, ya begitulah, ikan ini bakal selalu ada pasarnya sampai nanti.

Ikan Arwana

Sama halnya seperti ikan cupang, ikan Arwana sedari dulu sampai sekarang masih jadi ikan yang popular di kalangan masyarakat karena keindahan ikan ini yang ga ada duanya.

Ikan arwana masih terbuka lebar segmen pasarnya karena ikan ini adalah ikan yang gak gampang untuk dikembang biakkan jadinya harga ikan ini tak mudah hancur.

Sama juga halnya seperti ikan channa, ikan arwana juga punya kesempatan untuk menjadi harga yang tinggi, contohnya jenis ikan arwana super red yang merupakan ikan asli pulau Kalimantan. Ikan ini kalau dirawat dengan benar harganya bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta, wow!

Ikan Mas Koki

Tentunya kalau bicara ikan mas koki kalian akan beranya-tanya, “apa ikan ini laku?” dan jawabannya ya jelas lakulah. Jangan salah, ikan ini juga punya pasarnya sendiri dan ada yang harganya sampai jutaan rupiah loh!

Banyak peluang untuk berbisnis ikan ini, mau jadi peternak, main progress, main kontes, masih terbuka lebar pokoknya pasarnya, karena si ikan lucu ini begitu popular dikalangan masyarakat.

Ikan Hias Pasaran

Ikan-ikan hias yang ada di pasar juga begitu berpotensi untuk di bisniskan. Mengingat harga belinya yang murah maka kitab isa meraup untuk dengan menjual ikan hias popular dengan sekala banyak. 

Contohnya, ikan hias Molly jenis Balon, kalau di pasar harganya Rp 2.000, dan harga belinya sekitar 700-1000 rupiah, jadi bisa untung bukan kalau dikali 1000 juga sudah mendapat Rp.1.000.000.

Ikan Hias Asli Indonesia Berpotensi Ekspor

Bersyukurlah anda yang bisa menggunakan Bahasa Inggris, karena itu bisa jadi modal awal anda untuk memulai bisnis ikan hias di jalur Internasional. Saat ini sudah banyak platform yang mendukung untuk memungkinkan kita menjual ikan ke Asia, Eropa, bahkan Amerika.

Namun di sana Anda juga harus paham apa saja kompetitor ikan hias yang bakal bersaing dengan anda, umumnya menjual ikan hias asli Indonesia banyak yang suka jadi anda bisa mulai mempelajarinya seperti jenis ikan Rainbow, sumatera, Botia, dan masih banyak lagi jenisnya.

Bisnis Aquascape

Memang ini bukanlah ikan hias namun tanaman hias juga termasuk kedalam segmen ikan hias karena bisa dipadukan dan bahkan ada yang khusus untuk menggeluti hobi ini. 

Alasan kenapa Aquascape cukup digemari karena tidak membutuhkan tempat yang luas, anda sudah memiliki hutan sendiri di dalam kamar anda. Tentu kalau dilihat dari kacamata bisnis kalau diuraikan yang ada di dalam aquascape kitab bisa memperoleh cuan banyak dari sana, mulai dari kayu, batu, pasir, sampai dengan tanamannya bisa di jual loh! 

 Jadi setelah mengetahui peluang bisnis ikan hias, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!