Prakiraan Cuaca BMKG: Beberapa Wilayah Indonesia Berpotensi Alami Hujan Lebat, Sementara Jakarta Cerah Berawan
Arsip Foto - Pemandangan gedung-gedung tinggi di Ibu Kota Jakarta saat cuaca cerah berawan. (Foto: Ismar Patrizki/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat seperti beberapa daerah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dilansir Antara, Kamis, 12 Agustus, menurut laporan peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG situasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di pesisir barat Sumatera Utara hingga Sumatera Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, Bengkulu hingga perairan barat provinsi itu, dari Kalimantan Timur bagian barat hingga Kalimantan bagian utara, dari Sulawesi Tenggara hingga bagian tengah dan di Papua bagian tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi.

Beberapa daerah yang dapat mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi terjadi di Kepulauran Riau, Bali, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

BMKG juga memprakirakan Bengkulu dan Nusa Tenggara Timur dapat mengalami fenomena angin kencang.

Potensi hujan itu dapat menyebabkan banjir dan bandang di beberapa wilayah seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara yang masuk dalam kategori waspada.

Sementara itu, BMKG memprediksi cuaca DKI Jakarta cerah dan berawan pada Kamis ini.

Data BMKG yang dipantau pada Kamis, cuaca di Jakarta pada pagi hari cerah berawan secara merata di seluruh wilayah DKI Jakarta hingga memasuki siang hari.

Pada siang hari, cuaca cerah berawan hanya terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, sementara di sebagian wilayah lainnya cuaca berawan hingga Kamis malam.

Di Kamis malam, cuaca cerah berawan merata di semua wilayah DKI Jakarta hingga Jumat (13/8) dini hari.

Rentang suhu udara Jakarta berkisar 22-32 derajat Celsius. Jakarta Barat 22-32 derajat Celcius, Jakarta Pusat 23-32 derajat Celcius dan Jakarta Selatan 22-32 derajat Celcius.

Kemudian Jakarta Timur 22-32 derajat Celcius, Jakarta Utara 23-32 derajat Celcius dan Kepulauan Seribu 26-32 derajat Celcius.

Untuk kelembapan udara di Jakarta diprediksi berkisar 50-85 persen. Jakarta Barat 50-80 persen, Jakarta Pusat 60-85 persen dan Jakarta Selatan 50-85 persen.

Lalu kelembapan udara di Jakarta Timur 50-85 persen, Jakarta Utara 60-85 persen dan Kepulauan Seribu 60-85 persen.