Langkah-langkah Membuka Toko dan Jualan di Tokopedia untuk Pemula
Tokopedia hadirkan TokoMart untuk sediakan kebutuhan sehari-hari dengan harga hemat (Tokopedia)

Bagikan:

Tokopedia kini menjadi marketplace yang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak pemilik usaha yang memilih berjualan di Tokopedia. Tokopedia juga menjadi tujuan bagi pembeli yang ingin berbelanja sebuah barang.

Eksistensi Tokopedia sebagai platform paling laris terbukti dari jumlah penggunanya yang mencapai lebih dari 90 juta. Pengguna Tokped tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah pengguna sebanyak itu, Tokpad sangat memudahkan para pemilik bisnis menjangkau target marketnya.

Jualan di Tokopedia sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mendaftar akun, setelah itu tinggal mengunggah produk anda. Di Tokped banyak tersedia fitur-fitur menarik yang sangat membantu pemilik toko.

Berikut ini langkah-langkah berjualan di Tokopedia untuk pemula.

Membuat Akun Toko

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menjadi pengguna Tokped adalah membuat akun di Tokped. Daftar akun bisa melalui platform Tokped langsung atau situs webnya.

Nantinya, ada serangkaian kolom yang harus anda isi. Anda perlu menyiapkan KTP, nomor HP, nama toko, dan email. Data-data tersebut akan anda isikan di kolom yang disediakan.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.
  2. Pilih Akun > Akun Toko.
  3. Pilih Buka Toko Gratis.
  4. Tulis nomor ponsel Anda, setelah itu masukkan kode OTP untuk proses verifikasi.
  5. Tulis nama Anda (sesuai KTP).
  6. Tulis nama toko Anda beserta domain. (domain = username, misal. tokopedia.com/tokokamu)
  7. Setelah itu, silakan menjawab survei singkat dari Tokped, isi sesuai kondisi toko Anda saat ini.
  8. Tulis alamat toko dengan lengkap, mulai dari nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kode pos. Alamat berfungsi untuk kemudahan dalam penjemputan & pengantaran barang.
  9. Selesai. Toko Anda sudah siap digunakan untuk berjualan.

Menggunggah Produk Pertama

Setelah pendaftaran anda sukses, langkah selanjutnya adalah posting produk jualan anda. Siapkan gambar/foto dan keterangan produk semenarik dan sejelas mungkin.

  1. Bukan aplikasi Tokopedia atau situs web Tokopedia.
  2. Pilih Tambah Produk.
  3. Unggah foto produk Anda.
  4. Tulis nama produk beserta kategorinya.
  5. Tulis keterangan harga. Pilih harga yang dapat bersaing. Tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.
  6. Berikan informasi produk & jasa pengiriman dengan lengkap dan jelas; stok produk, variasinya, kondisinya (baru atau bekas), berat, ukuran, dan deskripsi produk yang lengkap.
  7. Pilih simpan.
  8. Selesai.

Buat listing produk yang menarik

Setelah anda memposting produk-produk jualan anda, maka saatnya untuk membuat listing atau katalog yang memikat. Listing yang rapi dan menarik akan membuat calon pembeli nyaman melihat-lihat produk anda.

Dalam listing produk anda perlu menerapkan strategi copywriting. Strategi copywriting merupakan penulisan kata-kata yang mempengaruhi psikologis konsumen.

Buat calon pembeli tertarik dengan produk anda menggunakan kata-kata. Terapkan copywriting di headline, deskripsi produk, dan foto produk.

Ikuti Terus berita dalam negeri dan luar negeri terbaru dari VOI.